My Holiday Story: Phuket (Part 2)

Kami melanjutkan perjalanan yang masih sangat panjang dan lama. Sempat kami tertidur dan tiba-tiba bus berhenti. Ternyata kami sampai di rest area dan masih sekitar dua jam lagi sampai Kuala Lumpur. Bisa ditebak, tempat pertama yang aku tuju adalah toilet karena metabolisme tubuhku yang luar biasa militan kerjanya.

Kami mencicipi kudapan yang dijual ibu-ibu di sini. Ada yang jual nasi, oleh-oleh, aneka minuman dan juice dan cemilan. Aku dan Indra membeli sesuatu kalau di Banjarmasin lebih seperti “pentol cucuk” dan langsung ludes kurang dari lima menit karena kami lapar parah kayak Zombie. Cukup lama bus berhenti di sini sampai aku hampir mati bosan. Akhirnya, setelah sekitar 20 menit bus pun melanjutkan perjalanan.

rest area, malaysia
mati bosan di rest area

Kami sangat antusias sekali ketika memasuki daerah Kuala Lumpur. Dari kejauhan, Menara Kembar Petronas mulai terlihat. Bangunan yang lebih dikenal dengan KLCC ini berdiri tegak  di tengah bangunan metropolis seperti Heidi Klum di antara para supermodel dan mannequin rumah mode ternama. Aku dan Indra seperti tersengat listrik 10000 watt karena begitu excited melihat menara Petronas bahkan walau dari kejauhan 2 mil. Sumpah, kampungan banget. Rudy lebih biasa-biasa saja karena memang ekspresi dia seperti itu, gak seperti kami berdua yang seperti minuman bersoda yang habis dikocok.

Di Kuala Lumpur, ada penumpang baru yang masuk.  Tiga bapak-bapak keturunan India. I’m so sorry, bukannya bermaksud gimana-gimana, tapi tahu sendiri kan apa yang harus dilakukan ketika dekat dengan orang India apalagi di bus ber-AC selain untuk tidak mendekat. I mean, mereka duduk di depan kursiku dan bisa dibayangkan sensasinya. Aku memutuskan untuk pindah tempat duduk, terserah mereka berpikir apa. Aku nggak mau mati atau setidaknya muntah akut karena aromatherapy yang tidak bisa dicerna oleh tubuhku.

Kami tertidur cukup pulas, entah karena memang lelah atau pingsan karena efek 3 India di depan kami. Kami terbangun dan mendapati sudah sampai di daerah perbatasan, masuk daerah Bukit Kayu Hitam. Bus kami berhenti di rest area lagi. Kami beristirahat dan sarapan di sana.  Setelah itu bus memasuki wilayah Thailand. Di sini semua perlahan-lahan mulai berubah. Zona waktu kembali normal (seperti di Batam), banyak patung Buddha, bahasa mulai berbeda, dan tidak ada alphabet.

Oiya, ngomong-ngomong tentang Buddha, di Thailand banyak sekali patung Buddha, seperti Jollibee di Manila. Setiap 100 meter ada Buddha and it was cool! Kami akhirnya sampai di imigrasi Hatyai. Kalau di Singapore sangat ketat, di sini mesin pemindai aja nggak berfungsi. Alhasil kami sudah capek gempor bawa tas dan bahkan petugas imigrasi tidak peduli.

Bus berhenti di terminal dan kami melanjutkan naik tuk-tuk menuju pusat kota yang berjarak sekitar 5 kilometer. Kami berkeliling sejenak di kota transit ini. Hatyai seperti Batam, cuma di sini lebih banyak tempat jual souvenir dan lebih tertata. Lebih bersih. Kami membeli beberapa barang dan membeli Bath. Sekedar informasi, nilai tukar Bath di Hatyai jauh lebih menarik daripada di Phuket atau Bangkok yang super mahal. Dan mereka juga menerima pecahan 50,000 rupiah.

Kegilaan pertama yang terjadi di negeri Gajah Putih ini adalah ketika Indra mengeluh sakit perut. Biasa, urusan di pagi hari. Jadi, dengan muka jelaga dan mental baja akibat perjalanan jauh, kami memutuskan untuk masuk ke salah satu hotel dan langsung nyeludur ke toilet di dekat lobby. Di bilik toilet, aku dan Rudy langsung cuci muka dan Indra dengan urusannya di toilt sebelah sampai akhirnya…

“Omigod!” Indra terdengar terkejut di sebelah.

“Ada apa?” Rudy menimpali.

“Kok nggak ada semprotannya di sini?” Okay dia mulai panic.

Ya. Pelajaran ketika traveling ke luar Indonesia, siap-siap aja tissue basah. Aku dan Rudy nggak bisa nahan tawa saking gelinya. Kami menarik tissue selembar dua lembar (sampai berpuluh-puluh mungkin) dan membasahinya dengan air dan melemparkannya ke bilik sebelah, tentunya sambil ketawa.

Karena kami tidak mau memancing kecurigaan dan berakhir dengan dihempaskan keluar sama petugas hotel, kami tidak berlama-lama di situ setelah urusan Indra selesai. Dia keluar toilet dengan ekpresi muka super jijik dan aku masih “cannot tahan.” Kami pun melenggang keluar hotel dengan sok berwibawa setelah menghabiskan persediaan tissue toilet hari itu.