Lobo: Desa Terindah Di Papua Barat


Gunung Emansiri yang menjadi tempat tinggal Garuda. Sumber: ranggainthezone

Desa itu bernama Lobo yang berada di kawasan Teluk Triton, Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Bukan tanpa alasan kenapa saya bilang mengapa Lobo menjadi desa terindah sekaligus salah satu tempat terindah yang pernah saya kunjungi.


Lokasi Di Teluk Triton

Letak desa Lobo berada masuk ke Teluk Triton, yang menawarkan perairan yang tenang, meskipun di pertengahan tahun cuaca buruk karena pengaruh angin dari Australia. Desa ini bisa ditempuh dari Kaimana dengan boat selama kurang lebih 90 menit. Sementara ini hanya boat alat transportasi yang paling tepat untuk ke sana. Namun, beberapa tahun terakhir dibangun jalan darat yang menghubungkan Lobo dengan Kaimana. 

Teluk Triton adalah salah satu kawasan konservasi di Kabupaten Kaimana. Kawasan ini kaya akan sumberdaya laut. Dalam perjalanan ke Lobo, kita bisa mampir melihat hiupaus di bagan, melihat ikan pari manta, kawanan lumba-lumba atau jika cukup beruntung paus Brydes yang muncul ke permukaan seakan menyambut siapa saja yang datang.

Desa Lobo memiliki penduduk ± 700 jiwa. Sebagian besar dari mereka bekerja menjadi nelayan, dan juga bertani. Sebagian besar penduduk beragama Kristen, sedangkan tenaga dari luar Papua yang bertugas di sana beragama Islam, seperti tenaga medis. 

Sisi-sisi desa bisa dijelajahi dalam waktu satu jam, dan bisa melihat pemandangan gunung Emansiri yang berdiri kokoh di belakang desa, untuk menjelajahi hutan Papua yang masih terjaga. Kegiatan pengamatan burung Cenderawasih bisa dilakukan dengan menyewa pemandu lokal. Namun, kurangnya informasi tentang bagaimana dan kapan untuk melakukan pengamatan burung menjadi kendala para pengunjung yang ingin melakukannya. 

Cerita Garuda Dari Lobo

Masyarakat Lobo percaya bahwa burung Garuda yang menjadi lambang negara berasal dari desa mereka. Seperti dikutip dari Antaranews, dulu terdapat dua telur yang menetaskan burung garuda berwarna hitam dan putih. Namun, yang berwarna putih tidak diketahui keberadaannya.

Burung garuda yang berwarna hitam itu kemudian tumbuh dewasa dan tetap tinggal di Gunung Warinau. Suatu hari, terjadi banjir di Sungai Urera yang menyebabkan banyak manusia tewas.

Bangkai manusia yang terbawa banjir itu menjadi makanan burung garuda. Dia mengikuti Sungai Urera sampai kemudian sampai ke Kampung Lobo.

Setelah bangkai manusia yang terbawa banjir habis, burung garuda itu kemudian tinggal di Gunung Emansiri. Kampung Lobo terletak di kaki gunung tersebut.

Karena tidak ada lagi bangkai manusia yang bisa dimakan, burung garuda itu kemudian mulai memangsa penduduk Kampung Lobo. Penduduk Kampung Lobo menjadi resah dan takut dimangsa burung garuda.

Hingga suatu ketika, datang orang Portugis di Kampung Lobo. Orang Portugis itu kemudian menembak jatuh burung garuda. Bangkainya jatuh di bukit yang berbatasan langsung dengan tebing di pantai.

Penduduk Kampung Lobo pun bersuka ria dengan tewasnya burung garuda. Di tempat burung garuda itu jatuh, kemudian dibangun tugu dengan patung garuda di puncaknya.

Cerita tentang burung garuda itu tidak hanya berbekas di benak masyarakat Kampung Lobo, tetapi juga masyarakat Kabupaten Kaimana lainnya. Burung garuda kemudian juga diambil sebagai lambang Kabupaten Kaimana.

Jejak Belanda

Dulu di desa ini pernah dibangun benteng oleh Belanda. Mereka pertama kali datang ke Lobo pada tahun 1828, lebih awal dari kedatangan Belanda di Timika. Namun, sebagian dari mereka meninggal, menurut cerita masyarakat desa karena terkena malaria. 


Tugu peninggalan Belanda di Lobo. Sumber: ranggainthezone

Di salah satu sudut desa terdapat tugu untuk memperingati tentara Belanda yang tewas di Lobo. Pada tugu terukir "Ter Herinnering Aan de Overleden Militairen van de Bezetting van Fort du Bus" yang artinya kurang lebih adalah "mengenang para tentara yang meninggal di Benteng du Bus".

Bentang alam, lokasi dan sentuhan cerita rakyat dan fakta sejarah membuat desa ini memiliki nilai yang bisa menjadi alasan bagi orang-orang untuk berkunjung. Tentunya, desa terindah ini hanya pendapat pribadi dengan parameter subjektif. Namun, dengan apa yang ditawarkan, it's really not bad to pay a visit and have some moments here.



Referensi:
Kisah Garuda Dari Kampung Lobo Di Kaimana
https://m.antaranews.com/berita/564670/kisah-garuda-dari-kampung-lobo-di-kaimana
Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar