3 Yang Wajib Dibawa Saat Traveling Ke Luar Negeri

Kalau kita sedang traveling ke luar negeri pasti ada aja hal-hal yang bikin terkejut dan bisa-bisa repot karena kita tidak antisipasi. Nah, di sini akan dibahas tentang apa saja yang wajib dibawa saat traveling ke luar negeri. 

Uang US dollar cash

Mungkin ada yang menyanggah "Yaiyalah. Ke mana-mana harus bawa duit." Namun di sini kita fokus ke US dollar saja. Kenapa? Karena uang ini bisa dibilang diterima di banyak tempat di planet ini. "Kan bisa pakai kartu kredit? Kan ada ATM?" Ya. Mungkin pakai kartu kredit atau tinggal tarik tunai lebih praktis. Namun, tidak semua tempat yang dikunjungi ada akses ke mesin EDC atau ATM. 

Ada memang beberapa kartu keluaran bank-bank tertentu bisa melakukan tarik tunai di ATM mereka dengan real time exchange rate (nilai tukar mata uang pada saat itu juga) dengan mata uang lokal. Beberapa juga ada di Indonesia bank-nya. Kalau memang destinasi kita masih di perkotaan, ya dengan adanya fasilitas itu bisa saja kita meminimalisir penggunaan cash. Ada juga ATM dollar, tapi akan ada biaya penarikan. Seperti saat di Siem Reap, Kamboja, kalau kita melakukan penarikan akan dikenakan biaya US$5.00 sekali penarikan. Bayangkan kalau misal uang habis dan harus tarik tunai lagi. Lima dollar lagi. Kan lumayan lima dollar bisa buat tambahan beli makan atau naik bus atau buat beli souvenir, misalnya. 

Ada beberapa yang harus diperhatikan saat membawa US dollar cash. Pertama, usahakan jangan pecahan kecil seperti 1, 5. Usahakan pecahan 20, 50, 100 karena memiliki nilai tukar yang lebih tinggi. Di Vietnam dan Kamboja, US dollar masih diterima dalam transaksi. Jadi pecahan 1 dollar bisa dibuat beli saja karena kalau dibawa balik ke Indonesia juga nilai tukarnya lebih rendah. 

Kedua, usahakan jangan dicoret, dilipat, basah atau rusak ya uang US dollar-nya. Nanti takutnya tidak bisa digunakan untuk transaksi. Kalau misal kebetulan bertemu dengan orang US, dan ada uang dollar dengan kondisi seperti dicoret, bisa saja kita tukarkan ke mereka, karena uang itu masih bisa digunakan di negara asal. Ini juga berlaku untuk uang lokal negara yang sedang kita kunjungi ya, jangan dicoret-coret, dilipat, lusuh, belel atau robek. Intinya rawatlah baik-baik uangnya biar tidak ditolak di pasaran.

Tisu basah dan tisu kering

Saat traveling ke luar negeri, tisu wajib dibawa. Benda mungil ini sangat bermanfaat untuk kita tetap bersih dan fresh. Ada beberapa tempat yang toiletnya duduk dan tidak menyediakan semprotan atau bidet karena mereka menggunakan tisu untuk cebok. Nah, di sinilah peran BESAR tisu. Pasti beberapa merasa risih, tapi masing-masing negara melakukan "pendekatan yang berbeda dalam hal pertaian". Seperti di Manila, yang bahkan di tempat sebesar Mall of Asia, tisu saja harus beli dulu di mesin untuk bisa digunakan di toilet karena toilet umum tidak menyediakan tisu. Bayangkan! Pernah juga pengalaman saat di Hatyai, kawan shocked karena saat sudah selesai, ternyata tidak ada semprotannya. Jadilah kita operin tisu yang sudah dibasahi lewat bawah pintu toilet. Selain buat cebok, tisu juga digunakan untuk hal-hal basic lainnya seperti membersihkan muka dan tangan. Intinya, tisu harus selalu dibawa saat kita traveling ke luar negeri.

Universal travel adapter

universal adapter, traveling, luar negeri
Universal travel adapter

Colokan kita nyebutnya benda ini. Sedikit susah untuk menjelaskan. Seperti di gambar deh. Nah, masing-masing negara punya colokan berbeda-beda. Di Indonesia colokannya 2 lubang, di Filipina 2 lubang yang pipih, di Malaysia dan Singapore colokannya yang lubang 3. Benda ini sangat membantu karena kita bisa mendapatkan listrik saat dibutuhkan. Bayangkan kalau hape lowbat dan kita tidak bisa isi daya karena beda colokan. Bisa mati gaya. Pernah saat di Manila, aku harus keluar ke toko beli adapter karena di hotel semua persediaan sedang dipakai. Ribet kan? Dan, bahkan hotel-hotel di Batam, colokannya juga beda loh. Mungkin karena tamunya banyak yang dari negara tetangga kali ya. Kalau traveling ke luar negeri, benda ini wajib dibawa. 

Itu dia 3 hal yang wajib dibawa saat traveling ke luar negeri. Pastinya, jangan lupa bawa masker dan hand sanitizer saat traveling selama pandemic ini ya, biar bisa menikmati perjalanan dan meminimalisir penyebaran. Anyway, ada yang bisa menambahkan apa saja yang wajib dibawa saat traveling ke luar negeri?


Sumber gambar:

https://images.app.goo.gl/qR2mQZxgcunXogGM7


Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar