Neovagina: My Opinion

Belakangan ini sedang ramai-ramainya orang membicarakan tentang neovagina. Bahkan saya sendiri masih baru dengan istilah itu. Dan pastinya juga mulai mencari tahu sebenarnya apa itu neovagina. Banyak yang mendapatkan informasi awal tentang neovagina yang bersifat negatif sehingga entah karena memang masih terbatasnya pengetahuan masyarakat jadi mereka pertama mendengar hal itu akan terkejut dan lebih terkejut lagi dengan berbagai fakta—yang sebenarnya tidak salah, namun terkesan sedikit menggeneralisir.

Neovagina adalah vagina buatan yang dilakukan melalui prosedur operasi, ini berlawanan dengan "natal vagina" yakni vagina yang memang sudah ada dari lahir. 

Neovagina menjadi perbincangan karena terkait dengan vagina buatan untuk kaum transpuan. Namun, kenyataannya adalah bahwa neovagina ini tidak hanya berlaku untuk mereka kaum trans, melainkan juga kepada beberapa kasus spesifik pada wanita dengan sindrom MRKH.

Dalam sebuah thread di Twitter yang sempat viral disebutkan beberapa hal mengenai neovagina ini seperti bahwa itu berbau, sebenarnya luka terbuka dan ketidakmampuan untuk membersihkan sendiri. Beberapa hal itu memanglah fakta, namun bukan berarti bahwa semua neovagina seperti yang disebutkan. Bahkan di jurnal yang membahas hal tersebut hanya berapa persen saja, bahkan untuk kasus-kasus tertentu setelah operasi hanya 1-2% saja yang terjadi khususnya di kalangan trans. Dan mereka juga menunjukkan tindakan apa yang diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut. Memang, masih ada kurang ini dan itunya, namun setidaknya penelitian berlanjut untuk bertambahnya pengetahuan tentang neovagina.

Di sini saya hanya ingin menyampaikan pendapat saya sebagai masyarakat awam. Bahwasanya, setiap operasi—apapun itu—sedikit banyak memiliki risiko, mulai risiko kegagalan, risiko terjadinya infeksi setelah operasi, perlunya perawatan rutin setelah operasi. Bahwasanya, apalagi terkait dengan organ reproduksi, memang harus secara rutin dibersihkan, agar tidak menimbulkan bau. Orang yang tanpa neovagina pun, pasti juga mengalami bau apabila tubuh tidak dibersihkan. Apapun baunya. Dan mereka yang melakukan prosedur operasi neovagina pun juga secara sadar dan siap secara mental (disamping secara finansial) yang telah dijelaskan oleh dokter.

Teknologi kedokteran akan terus berkembang dan pasti akan meliputi penelitian tentang neovagina juga. Dengan semakin banyaknya penelitian, maka diharapkan meminimalisir risiko setelah dilakukan prosedur operasi. 



Referensi:
https://www.pratisandhi.com/neovaginas-heres-what-you-should-know/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1832178/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2695466/
Share:

0 Post a Comment:

Posting Komentar